25. DASAR-DASAR AKUNTANSI TPA+ (TES POTENSI AKUNTANSI) – AKUNTANSI ITU TERNYATA LOGIS DAN MUDAH EDISI 2

Penulis    : Sony Warsono-bin-Hardono

Jumlah Halaman: 236 halaman
Jenis Kertas : Bookpaper
Ukuran : B5 Ukuran : A4

Walaupun awalnya berkeinginan, sebagian individu yang hebat justru urung mempelajari akuntansi Beragam rumor yang ada menggambarkan akuntansi sebagai ilmu yang terlalu banyak aturan, rumit, tidak mudah dilogika, dan yang lebih penting lagi, akuntansi tidak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, jika kita memiliki kompetensi akuntansi yang memadai maka kita dapat memanfaatkan ilmu itu untuk mengelola dana keuangan kita masing-masing, dan mengambil keputusan keuangan yang lebih baik. Dengan demikian, manfaat ilmu akuntansi dapat dianalogikan dengan ilmu kedokteran: sebagian besar dokter menerapkan pola hidup sehat sebagai internalisasi ilmu yang telah dipelajarinya. Di bidang karir, jika kita memiliki pengetahuan akuntansi yang memadai maka “pekerjaan yang justru mencari kita, bukan sebaliknya” karena sulit dipungkiri semua unit usaha dari level mikro sampai dengan level internasional membutuhkan informasi keuangan yang didalamnya melibatkan ilmu akuntansi.

Tulisan edisi kedua ini mengenalkan pengetahuan dasar akuntansi secara logis dan mudah. Logis karena topik-topik utama di akuntansi (seperti misalnya debet kredit) diungkap rasionalitas yang mendasarinya, dan mudah karena disajikan menggunakan bahasa sederhana sehingga diharapkan dapat dipahami oleh individu yang masih awam dengan akuntansi sekalipun. Dibanding edisi pertama, tulisan edisi kedua TPA+ ini lebih komplit membahas tentang ragam transaksi yang mungkin terjadi baik di pencatatan reguler maupun pencatatan penyesuai. Tulisn ini terutama ditujukan untuk:

  1. Pelajar SMA/MA/SMK; tulisan ini dapat mengklarifikasi kebingungan dan kekurang-jelasan yang mungkin terjadi ketika belajar akuntansi.
  2. Mahasiswa; tulisan ini menjadi referensi untuk menjawab kekhawatiran dan ketidak-nyamanan karena harus mempelajari akuntansi sebagai mata-kuliah yang dianggap “asing” dan “membingungkan”.
  3. Praktisi; tulisan ini dapat membantu dalam penerapan akuntansi secara efektif dan efisien di dunia praktik.
  4. Orang-tua yang berharap sang buah hati masuk jurusan Akuntansi; tulisan ini menjadi media komunikasi yang diharapkan efektif mendorong buah hati termotivasi untuk melanjutkan pendidikan di bidang akuntansi.

Tulisan kecil ini dapat dikelompokkan menjadi lima bagian utama. Bagian pertama membahas tentang pengetahuan dasar di akuntansi (Bab 1 s/d 4). Bagian kedua membahas tentang pencatatan yang terdiri dari penjurnalan & pemindah-bukuan dan ragam transaksi (Bab 5 s/d Bab 8). Bagian ketiga membahas tentang penyiapan laporan keuangan, antara lain penyusunan daftar saldo dan pencatatan penyesuai (Bab 9 s/d 17). Bagian keempat membahas tentang penyusunan laporan keuangan (Bab 18 s/d 23). Bagian kelima membahas tentang pencatatan pembalik yang menjadi penghubung antara satu siklus akuntansi dan siklus berikutnya (Bab 24) dan tentang pengakuan basis akrual (Bab 25).

 

Riwayat Penulis

Sony Warsono; Adalah dosen tetap fakultas ekonomi UGM sejak 1992. Lulus sebagai sarjana ekonomi dan akuntansi dari jurusan akuntansi fakultas ekonomi UGM (1991), sebagai master of accountancy and financial information system dari cleveland state university (1994). Dan sebagai Ph.D. In Accounting dar University of Kentucky (2004)

 

Apabila Anda tertarik dengan buku ini dapat menghubungi :

CP : 0819-0408-6045 / 0851-0252-7563 (Telp.)

0858-6873-1403 (WA)

FB : Penerbit AB Publisher Yogyakarta

Alamat : Jl. Nusa Indah N0. 58,Condongcatur,Depok,Sleman

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *