Selamat datang di Lembaga Pelatihan & Konsultasi Akuntansi AKUNTAMATIKA

About Us

  ABOUT US (TENTANG KAMI)

Berawal dari keinginan membangun entitas yang bergerak dibidang pendidikan untuk anak usia dini dan setelah melalui perjalanan yang cukup panjang, lembaga AKUNTAMATIKA yang memfokuskan diri pada pembelajaran akuntansi dibentuk di tahun 2011.

Karakteristik spesifik sekaligus unggulan dari lembaga ini adalah pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran akuntansi, yaitu pendekatan berbasis matematika. Validitas pendekatan berbasis matematika ini sangat kuat karena akuntansi, khususnya sistem pencatatan berpasangan, terdokumentasi secara akademis di buku matematika pada abad ke-15 (1494). Validitas ini semakin diperkuat dengan terungkapnya sistem pencatatan berpasangan, dalam hal ini adalah mekanisme debet kredit, sebagai aplikasi matematika. Dalam pengembangan akuntansi modern sejauh ini, mekanisme debet kredit hanya dianggap sebagai warisan yang merupakan “kesepakatan” dari pengembang akuntansi di masa-masa sebelumnya. Bagi kami, pengungkapan misteri debet kredit sebaga aplikasi matematika ini merupakan pencerahan dari ALLAH SWT. Untuk membedakan dari pengembangan akuntansi yang ada saat ini, oleh karena itu, kami memberi nama lembaga ini AKUNTAMATIKA.

Pendekatan berbasis matematika menjadikan pembelajaran akuntansi menarik, tidak lagi sesuatu yang membosankan. Dengan pendekatan matematika, beragam topik bahasan di akuntansi (antara lain akuntansi keuangan, akuntansi biaya, dan sistem informasi akuntansi) dapat dipahami berdasar logika yang rasional. Tidak hanya itu, pendekatan berbasis matematika ini memungkinkan pengembangan akuntansi menuju arah yang benar dengan harapan dapat memberi kontribusi positif dalam menyelesaikan aneka tantangan dalam kehidupan umat manusia.

Fokus bisnis lembaga AKUNTAMATIKA sejauh ini meliputi penyediaan jasa pelatihan, kursus, konsultasi, dan penerbitan buku. Khusus untuk penerbitan buku, lembaga AKUNTAMATIKA menerapkan berbagai cara agar pembelajar (baik pengajar maupun yang diajar) dapat menikmati pembelajaran secara optimal. Jenjang pendidikan yang dituju mulai dari tingkat Sekolah Menengah sampai dengan tingkat Universitas.

Dengan seijin ALLAH SWT, di masa datang kami berharap selalu memegang komitmen untuk mensyiarkan akuntansi dari perspektif matematika yang menurut kami merupakan cermin dari pengembangan akuntansi yang berlandas pada pengetahuan yang berlandas kitab suci Al-Qur’an sebagai sumber pengetahuan sekaligus sumber kebenaran. Harapannya, kami juga dapat menjalankan amanah untuk ikut terlibat aktif dalam pengembangan pendidikan untuk anak usia dini yang menjadi cita-cita awal.

Manajemen:

Pola manajemen yang berlaku di lembaga AKUNTAMATIKA berlandas pada ajaran agama Islam. Salah satu prinsip dasar manajemen adalah “Memanusiakan manusia dalam rangka beribadah kepada ALLAH SWT”.

Misi: MENGILMUKAN AL-QUR’AN

Lembaga AKUNTAMATIKA diharapkan berfungsi sebagai media pengembangan  dan penyebaran ilmu akuntansi yang mengacu pada kebenaran sesungguhnya.

Visi: BERLOMBA-LOMBA DALAM PENGEMBANGAN AKUNTANSI BERLANDAS AL-QUR’AN

Pada tahun 2015 AKUNTAMATIKA merupakan salah satu media unggulan yang menjadi rujukan bagi para pemerhati akuntansi dalam mengawali pengembangan akuntansi berbasis matematika.