Selamat datang di Lembaga Pelatihan & Konsultasi Akuntansi AKUNTAMATIKA

Artikel

Kamis, 07 Juni 2012

Akuntamatika

"Memahami Akuntansi dengan Perspektif Matematik, Jauh Lebih Mudah dan Parsimoni" 

Pembelajaran akuntansi, masih sering dianggap sulit oleh sebagian mahasiswa akutansi. Ditenggarai dengan ketidakmampuan mahasiswa dalalm menganalisis berbagai macam transaksi hingga proses 
penjurnalan (Warsono bin Hardono, 2010; Philips dan Squire, 2011). Pembelajaran matematis sebenarnya mengembalikan akuntansi ke sejarah. Bahwa akuntansi tertulis dalam buku "summa de aritmatika, geometricia, proporsional et proporsionalita" yang ditulis seorang professor Matematika Luca Pacioli.


Konsep matematik seperti apakah yang dimaksud? Akuntansi sebenarnya didasarkan pada konsep keseimbagan antara input dan output atau masukan dan luaran. Lebih mudahnya adalah keseimbangan antara sumber pemerolehan dana (source of fund) dan sumber penggunaan dana (use of fund). Sumber pemerolehan dana berasal dari modal yang dimiliki owners, utang, dan pendapatan operasi. Sumber penggunaan dana adalah aktivitas yang dilakukan untuk mendapatkan aset, membiayai operasi, dan mengembalikan kepemilikan  kepada owner berupa dividen atau prive.

Keseimbangan ini akan abadi, kekal sepanjang entitas bisnis terus beroperasi. Filosopi ini yang kemudian membuat rumusan sebagai berikut:


" Use of Fund = Source of Fund"
atau dalam perspektif akuntansi diturunkan menjadi

" Aset + Biaya + Distribusi Pemilik =  Utang + Modal + Pendapatan "

Perspektif ini lah yang disebut dengan perspektif matematis. Perspektif akuntansi yang umum adalah 

"aset = Utang + Modal +Pendapatan-Biaya"
saya mencoba mengilustrasi dampak penggunaan persamaan ini bagi kemudahan pemahaman awal akuntansi bagi mahasiswa  (bagian 1).....nanti dilanjutkan lagi

Post. 14 February 2013 , By admin